July 23, 2016

My Personality Test

Kapan lalu saya berkunjung ke blog salah seorang teman, sebut saja namanya Cimun :p Sejujurnya saya lebih suka desain blog-nya yang dulu sih, yang ada pelangi-pelanginya, tapi ya sudahlah, saya tinggal baca aja kok pakai protes segala, wakakakak *ditoyorCimun

Berhubung saya sudah cukup lama tak blogwalking ke situ, saya iseng saja membuka lagi bagian semacam About Me-nya begitu, dan saya baru ingat kalau saya juga sedang ingin Personality Test semacam yang Cimun pasang di situ.

Saya langsung klik saja sih, ternyata nyambungnya ke mypersonality.info dan langsung saja ikuti tes yang ada di situ.

Saya memilih Personality Type Test terlebih dahulu. Tes-nya seperti biasa sih, memilih satu dari dua pilihan dalam kondisi tertentu begitu, dalam Bahasa Inggris, tanpa dibatasi waktu, jadi kita bisa baca pelan-pelan dan memilih se-sesuai mungkin dengan diri kita.

Setelah memilih-milih dan klik Finish The Test, ternyata untuk mengetahui hasilnya, kita harus punya akun dulu di situ. Oke baiklaaah~~

Selesai dengan Personality Type, saya melanjutkan dengan Multi-intelligences Test. Bentuk tes-nya adalah memilih satu dari tiga kebiasaan seperti sering, kadang-kadang, dan jarang dilakukan terhadap suatu kondisi. Sebenarnya dulu saya juga sudah pernah sih melakukan tes ini. Sering malah, karena semasa kuliah dulu, seringnya di Latihan Kepemimpinan (LK) menyertakan tes ini. Tapi ya tes lagi kan juga tak mengapa lah, hohoho

Daaaan… ini dia hasilnya. Saya pilih yang biasa saja sih, bukan yang Pro. Saya sukanya yang gratisan soalnya wkwkwkwkwk


Saya tak terlalu heran dengan hasil Multi-Intelligences Test-nya karena pasti Verbal/Linguistic menempati posisi teratas. Ya sudah kelihatan kan ya dari kebiasaan saya ngeblog begini. Kemampuan Musical dan Kinesthetic saya juga pasti jadi terbawah karena saya sadar betul tak bisa main alat musik, bernyanyi, ataupun olahraga, hahaha

Nah, Personality Type ini nih yang sempat membuat saya tertawa ngakak setelah melihat hasilnya. Seperti di gambar itu kan, Personality Type saya hasilnya INFJ - “The Confidant”. Menurut penjelasan di situs ini juga, populasi orang dengan tipe INFJ adalah yang paling langka, hanya 1% di seluruh dunia. Jadi, orang tipe-tipe kayak saya ini langka, gaes, wkwkwkwkwk.

Saya jadi ingat bahwa saya bergolongan darah AB, yang juga termasuk golongan darah yang tak umum, jadi bolehkah saya bilang saya ini langka sekali? Wkwkwkwkwk *ketawagulung-gulung

Penjelasan lain terkait INFJ yaitu termasuk golongan yang  peduli, sensitif, lembut, dan memperoleh kepuasan setelah membantu orang lain. INFJ juga mengandalkan intuisi, mudah berempati, dan mau mendengarkan orang lain. Ah lebih lengkapnya baca sendiri saja ya… hahaha *nggakniat

Di situ juga diberikan beberapa contoh orang dan karakter terkenal yang juga memiliki Personality Type INFJ, seperti  Adam Sandler, Oprah Winfrey, Mel Gibson, dan Nicole Kidman termasuk karakter fiksi Luke Skywalker di Star Wars itu juga bertipe INFJ.
Ditampilkan juga jenis-jenis pekerjaan yang akan cocok dilakukan orang-orang tipe INFJ seperti Dokter, Dokter Gigi, Konselor, Konsultan Pendidikan, Musisi, Penulis, Guru, Pekerja Sosial, Marketing dan masih banyak lagi lainnya *Oke, Apoteker nggak ada, hahaha*

Tes ini bisa dijadikan acuan apabila kita masih galau dengan cita-cita atau bingung mau pilih kerja sebagai apa. Apalagi bila digabungkan dengan Multi-Intelligences Test-nya ya, bisa jadi pilihan jenis pekerjaannya akan makin mengerucut.

Kalau tertarik mencoba juga atau ingin merekomendasikan tes semacam ini pada rekan terdekat, bisa di-klik di mypersonality.info 

No comments:

Post a Comment