Tanpa terasa tahun 2016 sebentar lagi berlalu. Sudah masuk bulan
November, berarti bulan depan saya sudah waktunya pulang ke rumah, hohoho.
Kebetulan memang di bulan Desember nanti akan digelar acara pernikahan sepupu
saya di Bangkalan, jadi sekalian saja kami pulang.
Berhubung saya dan suami sekarang merantau di kota Cikarang,
yang jaraknya berkilo-kilometer jauhnya dari kampung halaman, kami jadi tak
bisa sesuka hati pulang. Dulu saya juga merantau sih, tapi Surabaya-Bangkalan kan
kalau mau pulang tinggal telepon ayah untuk minta dijemput, hahaha *anak manja
pada masanya*
Karena tinggal jauh di sini, saya yang dulunya tak pernah naik
pesawat, sekarang jadi sering naik pesawat. Yang dulunya hanya naik kereta ke
Malang atau Jogja, sekarang sudah hafal jadwal-jadwal kereta Surabaya-Jakarta
yang enak dibuat pulang setengah hari dari kantor, wkwkwkwk
Saya bersyukur karena zaman sekarang semua sudah serba mudah dan
canggih. Hingga saat ini, saya belum pernah beli tiket perjalanan lewat travel
agent karena yaaa…pesan sendiri juga gampang. Untuk booking tiket
kereta, tinggal masuk ke website KAI (www.kereta-api.co.id), klik laman
Reservasi (tiket & preorder) lalu ikuti saja langkah-langkahnya. Saya
paling sering pesan tiket balik dari Stasiun Pasar Turi ke Stasiun Bekasi
karena memang Stasiun Bekasi adalah stasiun terdekat dari tempat tinggal saya.
Semoga tahun depan Stasiun Cikarang sudah siap dan ada kereta dari Surabaya
yang berhenti di sana ya. Aamiin.
Nah kalau naik pesawat, saya selalu pesan di traveloka.com yang
merupakan situs resmi Traveloka. Kurang tau juga sih mereka ini eksis sejak
kapan, tapi saya sudah menggunakan layanannya sejak pertama kali saya pesan
tiket pesawat dua tahun lalu.
Sekilas juga sudah terlihat kalau proses pemesanannya nggak ribet.
Tinggal pilih saja mau pergi dari bandara mana ke mana, masukkan tanggal
keberangkatan, dan jumlah tiket yang ingin dipesan lalu klik Cari. Bakalan
keluar deh pilihan maskapai yang melayani penerbangan di hari itu. Kita tinggal
pilih, sesuaikan dengan waktu yang kita inginkan, dan budget yang kita
sediakan, hahaha *ini penting* karena kita bisa membandingkan harga tiket antar
maskapai juga di situ.
Mereka juga memberikan jaminan Best
Price Guarantee loh. Jadi apabila kita sudah memesan tiket di Traveloka,
kemudian menemukan harga tiket yang lebih murah (dengan maskapai, kelas, dan
waktu keberangkatan yang sama) di situs lain, Traveloka akan menggantinya
dengan kupon diskon untuk transaksi berikutnya di Traveloka.
Saya sendiri pernah iseng membandingkan harga tiket di Traveloka
dan di beberapa situs lain. Nyatanya memang lebih murah di Traveloka sih.
Kadang bisa selisih sampai 10.000 rupiah per tiketnya. Kalau berdua suami, kan
lumayan selisih 20.000, buat beli penyetan :p
Selain pemesanan tiket pesawat, Traveloka juga melayani pemesanan
voucher hotel. Sejauh ini, saya baru dua kali pesan voucher hotel di sini.
Jarang ada promo sih, wakakakak. Saya lebih sering dapat promo voucher hotel
dari situs Pegipegi. Nanti kapan-kapan saya ceritakan deh.
Apalah artinya situs yang helpful
kalau customer service (CS) nggak
oke. Ya nggak?
Saya beberapa hari lalu bertanya via Live Chat dengan CS Traveloka
terkait refund tiket pesawat yang
teman saya pesan. Kebetulan salah satu anggota rombongannya ada yang tidak
memungkinkan melakukan perjalanan di tanggal tersebut sehingga mengajukan refund. Kebetulan tiket yang dipesan
juga refundable, jadi tinggal diurus
sedikit, uang kita jadi bisa kembali setelah dikurangi beberapa persen,
tergantung kebijakan maskapai. *bisa balik juga udah bagus* *apalagi kalau
tiketnya PP*
Saya mengobrol lewat chat dengan
CS bernama Rona yang menjawab pertanyaan saya dengan sangat baik dan
informatif. Summary percakapan kami
juga dikirim oleh pihak Traveloka ke email sehingga ketika lupa, –yang mana itu
lumrah sekali untuk saya– saya bisa melihat lagi jawabannya lewat email.
Ada banyak syarat dan ketentuan refund ini ya, gaes. Jadi sebelum mencak-mencak dan salah paham
duluan, monggo dibaca sebentar ketentuannya. Nggak ribet kok. Tapi bacanya yang
tenang biar cepat paham, hahaha. Apalagi di poin proses refund yang dapat memakan waktu hingga 90 hari. Lagi-lagi
ini tergantung kebijakan maskapai. Kemarin teman saya cuma perlu waktu sehari,
uangnya sudah langsung ditransfer balik –ini btw pakai Sriwijaya Air–
Saya sih berharap nanti ke depannya pihak Traveloka bisa menambah
fitur pemesanan tiket kereta juga. Saya kan seringnya pergi naik pesawat,
pulang naik kereta, atau sebaliknya, suka-suka saya ini mah. Jadi biar pesan
dan bayarnya bisa langsung gitu lo. Dijamin saya akan makin cinta dengan
layanannya, hahaha.
Kemarin sempat bete karena Garuda Indonesia dan Citilink
yang ‘hilang’ dari Traveloka. Untunglah sudah balik, meskipun akhirnya pesan
tiketnya langsung lewat situs Garuda Indonesia karena yang lagi promonya di
sana :p *digetok* Makanya Traveloka, yang sering-sering promo ya XD promo buat
yang nggak pegang credit card kayak
saya ini mbok ya dibanyakin, jangan promo credit
card melulu. Hihihi.
See you!
No comments:
Post a Comment