June 2, 2017

My Home My Rules

Berapa lama ya absen nulis? 😱😱

Terakhir nulis masalah Nametha tereliminasi, hahaha, nggak penting banget.

Hari ini mau nulis pengalaman beberapa bulan tinggal di rumah yang sekarang ditempati. Nggak kerasa sih memang udah mau setengah tahun aja. Padahal rasanya baru kapan lalu gotong-gotong sikat sama Porstex dari Central Park ke GPC tiap weekend buat bersihin lantai. Doh!

source : Google


Meski sejak tinggal di Cikarang sudah pernah pindah tempat tinggal sampai tiga kali, rasanya pindahan yang terakhir ini paling bikin gempor. Mungkin karena barang-barang mulai banyak tapi waktu yang kami (saya dan suami) punya sedikit sekali untuk pindahan.

Tapi yaaa karena memang sudah harus, capcus saja lah, daripada keburu disuruh pergi, ya mending pergi kalau sudah waktunya *apasih*😝

Baru punya pompa air kurang dari sebulan pindahan. Yang itu berarti bersih-bersihnya juga cuma punya waktu segitu. Awalnya saya kira cincay lah bersih-bersih doang ini. Eh ternyata... encok juga, Sis. Soalnya yang bikin kotor bukan cuma debu, tapi sisa-sisa material yang menempel dan harus disikat.

Akhirnya yang nyikatin siapa?
Ya berdua lah.
Mau nyuruh siapa lagi, hahaha. Kalaupun ada yang disuruh, sayang aja duitnya πŸ˜₯ mayan buat tambah-tambah beli perabotan kan. Ada kali tiga malam kami gosok-gosok lantai, itupun belum benar-benar kelar dan bersih. Asal bisa dibuat naruh barang aja.

Pas pindahan itu Tomy ambil cuti sehari. Jadi dia ngangkutin barang besar-besar duluan dengan sewa pickup ke sana. Ternyata butuh dua kali balik karena kulkas dan mesin cuci makan tempat banget. Hadeee, berkurang lagi rencana mengirit ongkos πŸ˜…

Ketika besoknya kami ke sana *sesuai dengan hari baik yang sudah dicarikan oleh Mama Ayah saya*, wastafel masih bocor. Barang-barang masih berserakan di kamar belakang karena kami belum punya lemari apapun. Jendela masih ditutupin pakai selimut karena nggak punya gorden, bhahahaha.

Tapi ya dibawa hepi aja, Shaaay. Nggak punya meja TV, yaudah taruh bawah dulu. Nggak punya lemari, ambil baju dari koper. Nggak punya kasur gede, masih punya kasur angin. Yang penting nggak kepanasan kehujanan, barang-barang di dalam semua. Kompor bisa dipakai masak Indomie berarti aman. Ada TV nyala dengan channel nggak semutan juga udah bikin betaaah 😍

Bulan berikutnya nyicil beli lemari sama meja. Bikin kotak-kotak penyimpanan dari kardus yang dibungkus kertas kado biar keliatan cantik *padahal mah tetep kardusπŸ˜‚*. Lalu beli bracket buat TV biar gak ngemper di bawah dan nyandung-nyandung (?). Orangnya tapi tetep lah, bersabar aja glundung-glundung dulu, wkwkwk. Lalu sambil H2C tiap bulan, lumayan kalau dapat arisan meja rias.

Pelan-pelan akhirnya sudah nggak ada barang yang harus disimpan di kardus besar kayak orang mau pindahan lagi. Akhirnya bisa bobok di kasur lagi, dan bulan lalu dapat arisan meja rias juga 😚

Teman-teman saya di kantor pada nyaranin dikasi ini itu, dibikinin ini itu, dihias ini itu, sementara saya-nya lempeng aja. Ya kali mau beli gorden sejutaan, huhuhu, saya mah mending pasang teralis. Aman dan lucu bentuknya akar-akar gini *nggak penting*

Sempat bingung karena ada yang bingung *bingung-ception* koleksi Tupperware saya dipajang di mana kalau nggak punya lemari buat pajangan (biasanya disebutnya buffet) karena emang Tupperware saya kepake semua. Hampir semua yang saya beli karena ada tujuannya. Nggak cuma buat mejeng 😰

Ini juga jadi fokus saya sih. Jadi saya nggak mau numpuk-numpuk barang karena nantinya cuma bakal nambahin debu doang. Lama nggak kepake atau udah gak mungkin dipake, ya buang atau kasi ke orang lain yang butuh.

Tapi hidup saya juga nggak serius-serius gitu amat sih. Kerja aja yang serius. Di rumah mah woles aja. wkwkwkwk. Kadang ya ada aja barang lucu yang gak penting-penting amat tapi dibeli juga. Magnet kulkas adalah contohnya wkwkwkwk

Pernah pas musim hujan, lantai jadi kotor banget. Dibersihin, besoknya pulang kerja hujan lagi, kotor lagi. Akhirnya pernah beberapa hari gak dipel biar ajah. Tinggalin kruntelan aja enak, wkwkwk. Dibersihin kalau salah satu sudah ada yang risih liatnya.

Atau habis pulang kerja, masak, cucian piringnya banyak. Tinggalin aja dulu lah. Bisa gila kalo semua-mua harus selesai dalam satu waktu. Saya pernah sok idealis semua bersih rapi apalah-apalah, dan akhirnya kecapekan, terus riwil, dan Tomy bete *failed*

Tapi paling nggak saya bersih-bersih tiap libur ngantor lha. Libur-libur gitu biasanya semangat, hahaha. Barang-barang nggak berguna saya buangin. Cek-cek isi kulkas, kalau sekiranya ada makanan yang udah gak jelas, langsung buang. Sambil cek bahan yang masih ada juga, yang mana yang butuh diolah duluan. Saya sih cuma nyuci baju aja yang nggak rajin-rajin amat.

Untungnya Tomy juga sepaham. Capek yawis lah tinggalin. Ntar lanjut lagi. Biar tetep waras kan ya. Pernah dulu koper habis mudik dari Surabaya baru dibuka weekend selanjutnya 😹 Baju kotor numpuk, disuruh masukin kresek, bawa ke laundry, hahaha. Saya mah dilarang capek-capek. Tomy mailaf lah pokoknya.

Pokoknya tinggal di rumah sekarang udah yang benar-benar "My Home My Rules" lah. Kasur mau diubah posisi tiap minggu juga siapa yang mau ngelarang. 😁 *maklum suka galau* Lemari masih sering pindah posisi juga biarin lah. Saya juga masih coba-coba ini enaknya rumah mau dibikin kayak apa. Kadang udah ngerapiin barang di kotak A, besoknya kepikiran mau pake kotak A buat barang lain, bikin lah kotak B. Kayaknya bakal masih sering gitu selama masih ada kemungkinan nambah perabotan baru.

Halaman depan rumputnya udah tinggi juga biarlah kalo Tomy masih males motong. Ngapain ribut gara-gara gitu doang kan. Apalagi yang tipe-tipenya nggak bisa disuruh kayak Tomy *dan SAYA*, hahaha.

Jadi, setelah semua yang kami capai dan kami lakukan berdua di rumah, kami -saya khususnya- jadi cuek sama komentar orang. Nggak usah dengerin orang lah. Bantuin ngosek kamar mandi aja nggak kan. wkwkwk

Ya semua juga pinginnya rumahnya idealis minimalis fantastis ya. Tapi untuk yang modalnya segini-segini aja macam saya, segini ini juga udah bersyukur banget. πŸ˜‡


No comments:

Post a Comment